Perbedaan perdagangan internasional & pemasaran internasional
Perdagangan Internasional dapat diartikan sebagai suatu
hubungan kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh negara yang satu dengan negara
lain yang berkaitan dengan barang dan jasa sehingga mampu membawa suatu
kemakmuran bagi suatu negara.
Perdagangan internasional
merupakan hubungan kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan
adanya proses pertukaran barang dan jasa atas dasar suka rela dan saling
menguntungkan. Perdagangan Internasional juga dikenal dengan sebutan
perdagangan dunia. Perdagangan Internasional terbagi menjadi dua bagian yaitu
impor dan ekspor, yang biasanya disebut sebagai perdagangan ekspor impor.Ciri utama perdagangan Internasional
Perdagangan internasional berada dalam lingkup komoditi dalam pertukaran barang, dengan adanya perbedaan alam di tiap Negara. Namun, dengan adanya perbedaan di tiap – tiap Negara atau daerah, oleh sebab itu ada beberapa karakteristik utama dalam perdagangan Internasional, antara lain :
1. Perdagangan internasional dalam barang dan jumlah jumlah transaksi lebih umumnya, transportasi jarak jauh, untuk memenuhi waktu yang lama, sehingga kedua belah pihak menganggap risiko yang lebih besar dari perdagangan domestik.
2. Rentan terhadap perdagangan internasional dalam barang perdagangan kedua negara dalam politik dan ekonomi perubahan dalam situasi internasional, hubungan bilateral memiliki dampak dalam perubahan kondisi.
3. Barang dalam perdagangan internasional, perdagangan di samping kedua belah pihak, yang harus berhubungan dengan transportasi, asuransi, perbankan, komoditi inspeksi, adat dan lainnya departemen bekerja sama dengan proses perdagangan dalam negeri akan semakin kompleks.
Sedangkan Pemasaran Internasional adalah kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.
Alasan-alasan
setiap negara melakukan bisnis Internasional
Alasan-alasan setiap negara melakukan
bisnis Internasional :
1.
Faktor
Alam/ Potensi Alam
2.
Untuk
memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
3.
Keinginan
memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.
4.
Adanya
perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah
sumber daya ekonomi
5.
Adanya
kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual
produk tersebut.
6.
Adanya
perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya
dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan
hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
7.
Adanya
kesamaan selera terhadap suatu barang.
8.
Keinginan
membuka kerjasama , hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
9.
Terjadinya
era globalisasi sehingga tidak satu negara pun
di dunia dapat hidup sendiri.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi bisnis internasinonal
Ada 5 faktor yang mempengaruhi Bisnis
Internasional,yaitu.:
1. Kompetitif
: jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan
Jenis dan jumlah jelas memiliki peran
yang sangat penting dalam dunia bisnis. Karena dengan adanya pesaing inilah
para pebisnis saling berlomba meningkatkan kualitas produknya.
2. Distributif
: agen nasional dan internasiona
Agen nasional dan internasinonal
berfungsi sebagai distributor antar produsen dan konsumen. Bertanggung jawab
penuh terhadap perizinan keluar masuknya produk tersebut.
3. Fisik
: unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam
Setiap negara memiliki iklim dan sumber
daya alam yang berbeda. Dari sinilah para pebisnis saling bekerjasama untuk
melengkapi kebutuhannya.
4. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian
Tenaga kerja berfungsi sebagai tenaga ahli
yang membantu jalannya sebuah bisnis. Diperlukan keahlian agar produk yang
dihasilkan mampu bersaing dengan perusahaan lain.
5. Sosiokultural
: sikap, kepercayaan, pendidikan, dl
Sikap, kepercayaan, dan pendidikan satu
negara dengan negara yang lainnya tentu saja berbeda. Misalnya negara indonesia
yang mayoritas beragama muslim tentu saja harus memfilter terlebih dahulu
produk-produk dari luar negeri yang masih diragukan kehalalannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar